Sejarah Sepak Bola Dunia Singkat Dan Lengkap

Sejarah dan Perkembangan Sepak Bola Dunia Lengkap Dari Masa Ke Masa Sejarah Sepak Bola Dunia Singkat dan Lengkap
Sejarah sepak bola dunia
Sejarah Sepak Bola – Asal mula permainan sepak bola dari masa ke masa  Bersumber eksklusif dari situs resmi sepak bola dunia www.fifa.com berikut ini sebuah artikel yang di beri judul Sejarah sepak bola dunia singkat dan lengkap, bagi anda yang ingin mengetahui lebih detail bagai mana sejarah asal mula ditemukan permainan sepak bola, perkembangan dan contoh perubahan denah peraturan permainan hingga sepak bola modern yang telah kita kenal ketika ini.

Sejarah Sepak Bola Inggris

Sejarah kontemporer dari olahraga terfavorit di dunia ini sudah dikenal lebih dari 100 tahun lamanya. Bermula dimulai pada tahun 1863 di Inggris, ketika olahraga rugby cabang asosiasi sepak bola yang berbeda dan Asosiasi Sepak Bola di Inggris terbentuk sehingga menjadi tubuh pengatur olahraga pertama di dunia. Keduanya berasal dari akar yang sama dan keduanya mempunyai asal-usul yang panjang serta rumit dan bercabang.

Baca : Sejarah sepak bola inggris (wikipedia)

Pencarian berabad-abad mengungkapkan setidaknya setengah lusin permainan yang berbeda, bervariasi pada tingkat yang berbeda, dan perkembangan sejarah sepak bola telah ditelusuri kembali. Apakah sejarah sepak bola ini benar adanya dalam beberapa kasus masih banyak diperdebatkan.

Walaupun demikian, faktanya hingga kini bahwa semua orang telah menikmati menendang bola selama ribuan tahun dan sama sekali tidak ada alasan untuk menganggapnya sebagai penyimpangan dari bentuk 'alami' daripada 'bermain bola dengan tangan.


Sejarah Sepak Bola Cina

Bentuk sejarah sepak bola paling awal tercipta dengan bukti ilmiahnya yaitu pada ketika latihan dari prajurit militer cina yang diperkirakan dimulai pada periode kedua dan ketiga SM. Masa Dinasti Han telah mengenal lebih dahulu permainan sepak bola yang disebut Tsu 'Chu yang permainannya yaitu menendang bola kulit yang penuh dengan bulu dan rambut dengan ukuran sekitar 30-40 cm, ke jaring kecil yang terpasang pada tongkat bambu panjang.

Menurut salah satu variasi peraturan permainan ini, pemain tidak diijinkan membidik sasarannya tanpa hambatan, namun harus memakai kakinya, dada, punggung dan pundak ketika berusaha menahan serangan lawan-lawannya. Penggunaan tanganpun tidak diijinkan.

Sepak bola tiongkok modern, Baca : Sepakbola Tiongkok: Dari Mana Datangnya Uang-Uang Klub Tiongkok?

Sejarah Sepak Bola Jepang

Bentuk permainan lainnya, yang juga berasal dari Timur, yaitu “Kemari” Jepang, yang dimulai sekitar 500-600 tahun lalu dan masih dimainkan hingga sekarang. Ini yaitu olahraga yang tidak mempunyai unsur kompetitif Tsu 'Chu tanpa usaha untuk menjadi juara. Cara bermainnya yaitu bangun dalam lingkaran, lalu para pemain harus melewati bola satu sama lain, di daerah yang relatif kecil dan mencoba untuk tidak membiarkannya menyentuh tanah.

Baca : Sejarah lengkap Sepak Bola – Lahirnya Sepak Bola modern Akhirnya, pada tahun 1863, perkembangan mencapai puncaknya. Di Cambridge University, di mana pada tahun 1848 usaha telah dilakukan oleh mantan murid dari banyak sekali sekolah untuk menemukan penyebut umum untuk semua pembiasaan permainan yang berbeda, sebuah inisiatif gres mulai menetapkan beberapa standar dan peraturan seragam yang akan diterima oleh semua orang.

Pada titik inilah lebih banyak didominasi orang menentang kebiasaan bernafsu menyerupai tersandung, menendang dan sebagainya. Seperti yang terjadi, lebih banyak didominasi orang juga menyatakan ketidaksetujuannya ketika membawa bola. Inilah yang menimbulkan kelompok Rugby mundur.

Tindakan Cambridge ini yaitu usaha untuk mengatasi kebingungan yang mengherankan seputar peraturan tersebut. Pertemuan yang menentukan, bagaimanapun, terjadi pada tanggal 26 Oktober 1863, ketika 11 sebelas klub London dan sekolah mengirim perwakilan mereka ke Tavern Freemason.

Perwakilan-perwakilan ini bermaksud untuk mengklarifikasi kekacauan dengan menetapkan seperangkat peraturan mendasar, sanggup diterima oleh semua pihak, untuk mengatur pertandingan yang dimainkan di antara mereka. Pertemuan ini menandai lahirnya The Football Association.

Perselisihan abadi perihal menendang, tersandung dan membawa bola dibicarakan secara menyeluruh pada pertemuan ini dan berturut-turut hingga hasilnya pada 8 Desember eksponen die-hard gaya Rugby - yang dipimpin oleh Blackheath berakhir.

Pada tanggal 8 Desember 1863, sepak bola dan rugbi hasilnya terpecah. Pemisahan mereka menjadi benar-benar tidak sanggup didamaikan enam tahun lalu ketika sebuah ketentuan disertakan dalam peraturan sepakbola yang melarang penanganan bola apapun (tidak hanya membawanya).

Dari situlah kemajuan sepak bola secepat kilat. Baru sekitar 8 tahun sesudah berdirinya, The Football Association sudah mempunyai 50 klub anggota. Kompetisi sepak bola pertama di dunia, Piala FA, didirikan pada tahun 1872. Pada tahun 1888 kejuaraan liga pertama berlangsung.

Pertandingan internasional sedang digelar di Inggris sebelum sepak bola hampir tidak terdengar di Eropa. Yang pertama dimainkan pada tahun 1872 dan diperebutkan oleh Inggris dan Skotlandia. Ini ledakan tiba-tiba sepak bola terorganisir disertai dengan kerumunan penonton yang mengejutkan membawa serta beberapa persoalan yang tidak dihadapi negara lain hingga nanti.

Profesionalisme yaitu salah satunya. Langkah pertama ke arah ini terjadi pada tahun 1879, ketika Darwin, sebuah klub kecil di Lancashire, dua kali berhasil menarik lawan Etonian Tua yang diduga tak terkalahkan di Piala FA, sebelum tim amat populer dari amatir London hasilnya berhasil lolos untuk menang pada usaha ketiga. Dua pemain Darwin, Skotlandia John Love dan Fergus Suter, dilaporkan sebagai pemain pertama yang pernah mendapatkan remunerasi untuk talenta sepak bola mereka.

Praktik ini berkembang pesat dan FA mendapati dirinya berkewajiban untuk melegalkan profesionalisme semenjak tahun 1885. Perkembangan ini mendahului pembentukan asosiasi nasional di luar Inggris Raya (yaitu di Belanda dan Denmark) tepatnya empat tahun.

Setelah FA Inggris, yang tertua berikutnya yaitu FA Skotlandia (1873), FA of Wales (1875) dan FA Irlandia (1880). Sebenarnya, pada ketika pertandingan internasional pertama, Inggris tidak mempunyai asosiasi kawan lain untuk bermain.

Ketika Skotlandia bermain Inggris di Glasgow pada tanggal 30 November 1872, FA Skotlandia bahkan tidak ada - tidak didirikan selama tiga bulan lagi. Tim yang dimainkan Inggris hari itu bergotong-royong yaitu tim klub Skotlandia tertua, Queen's Park, tapi lantaran hari ini tim Skotlandia mengenakan kaos biru dan putih Inggris (walaupun dengan celana pendek dan kaus kaki dalam warna sekolah negeri mereka).

Kedua tim memakai apa yang kini mungkin dianggap lebih menyerang gugusan - Skotlandia (2-2-6), Inggris (1-1-8) - tapi ketika itu permainan masih mempertahankan banyak karakteristik sepak bola yang mungkin lebih menyerupai rugby modern daripada sepak bola.

Penyebaran sepak bola di luar Inggris Raya, terutama lantaran efek Inggris di luar negeri, dimulai perlahan, namun segera mengumpulkan momentum dan dengan cepat menjangkau seluruh penjuru dunia.

Negara-negara berikutnya untuk membentuk asosiasi sepak bola sesudah Belanda dan Denmark pada tahun 1889 yaitu Selandia Baru (1891), Argentina (1893), Cile (1895), Swiss, Belgia (1895), Italia (1898), Jerman, Uruguay (keduanya pada tahun 1900 ), Hungaria (1901) dan Finlandia (1907).

Sejarah lengkap Sepak Bola – Berdirinya FIFA dan sepak bola professional

FIFA didirikan di Paris pada bulan Mei 1904, ada tujuh anggota pendiri yaitu Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol (diwakili oleh Madrid FC), Swedia dan Swiss. Federasi Sepak Bola Jerman mengemukakan niatnya untuk bergabung pada hari yang sama.

Komunitas sepak bola internasional ini tumbuh dengan mantap, meski terkadang bertemu dengan rintangan dan kemunduran. Pada tahun 1912, 21 asosiasi nasional telah berhubungan dengan Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Pada tahun 1925, jumlahnya meningkat menjadi 36, sementara pada tahun 1930 tahun Piala Dunia pertama ketika itu berusia 41 tahun.

Antara tahun 1937 dan 1938, Undang-undang permainan modern diumumkan oleh Presiden FIFA Stanley Rous yang akan datang. Dia mengambil aturan aslinya, ditulis pada tahun 1886 dan lalu berubah sedikit demi sedikit, dan menyusunnya dalam urutan rasional yang direvisi untuk kedua kalinya pada tahun 1997.

Pada final 1930-an ada 51 anggota FIFA yaitu pada tahun 1950, sesudah selang waktu yang disebabkan oleh Perang Dunia Kedua, jumlah tersebut telah mencapai angka 73. Selama setengah periode berikutnya, popularitas sepak bola terus menarik pemuja gres dan pada final Kongres FIFA 2007, FIFA mempunyai 208 anggota di setiap kepingan di dunia.


Begitulah bagaimana sejarah sepak bola dunia singkat dan lengkap beserta perkembangannya dari masa kemasa,semoga info ini sanggup menambah wawasan kita bersama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Obat Herbal Kolesterol Yang Paling Mujarab

Cara Meningkatkan Secara Optimal Artikel Usang Menjadi Seo & Pageone

Sejarah Film Dunia Dan Indonesia Pertama Kali